Senin, 28 November 2011

Aliran dan sekte Taoisme

Aliran dan sekte Taoisme

Aliran dan sekte Taoisme yang terpisah pertama kali mulai nampak pada masa dinasti Song, bisa juga pada masa sebelumnya. Pada masa Peperangan antar Negara ada FangXian Dao 方仙道, merupakan metode atau ilmu untuk panjang umur dan mencapai keabadian, bukanlah agama Taoisme karena itu tidak termasuk aliran atau sekte Taoisme. Selanjutnya yang berdiri adalah Huang Laodao 黄老道, yang merupakan penggabungan antara Fangxian dan pemikiran dari Lao Zi 老子 dan Huangdi 黄帝, walau mengandung unsur yang bisa disebut sebagai agama tapi belum benar-benar menjadi agama Tao. Selama masa awal itu hanya Taoisme Guru Langit 天师道 atau Taoisme Wu Dou Mi 五斗米道 dari dinasti Eastern Han yang dapat diebut sebagai agama formal. Pada masa pra dinasti Song dan dinasti Yuan 宋朝 元朝, walau di aliran Tianshi ada jindan 金丹, fulu符录,jingfa 经法, maoshan茅山,gezao阁皂 dan sekte lainnya bukan merupakan sekte2 yang terpisah secara jelas seperti aliran. Pemisahan aliran Taoisme dapat dikatakan pada masa antara dinasti Song dan Yuan.

Dalam kaitan dengan pelatihan Taoist, agama dapat dibagi menjadi aliran Fu Lu ( Jimat dan Registrasi 符录派 ) dan aliran Bejana Pil DanDing丹鼎派. Aliran Bejana Pil juga disebut aliran Pil Emas, di dalam aliran ini terbagi lagi menjadi dua sekolah lebih kecil, Sekolah Pil eksternal 外丹派 dan Sekolah Pil internal 内丹派 . Dalam kaitan dengan doktrin dan kitab, Taoisme dapat dibagi menjadi sekte Bo Jia Sekolah帛家道, sekte Lou Guan 楼观派, sekte Shang Qing 上清派, sekte Ling Bao 灵宝派, sekte Guru Langit Utara 北天师道, sekte Guru Langit Selatan 南天师道, dll.

Setelah jatuhnya pemerintahan dinasti Song Utara 北宋 , sekte Taoisme yang baru mulai bermunculan, seperti sekte Tai Yi 太一道 , sekte Zhen Da真大道 dan sekte Quan Zhen 全真道 . Wujud dari sekolah yang baru ini menjadi jawaban terhadap permasalahan korupsi di dalam agama; mereka juga menjawab panggilan atas penggabungan di antara ke tiga agama utama negeri. Di dalam wilayah pemerintahan dinasti SongUtara, aliran Taoisme mengambil perubahan-perubahan terutama dalam area upacara agama; dimana dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Dalam sejarah Taoisme, sekte, aliran kebanyakan digambarkan oleh garis keturunan mereka yang berbeda. Ada empat sekte terbesar dalam Taoisme. Mereka adalah Sekte Zheng Yi ( Kaum Ortodox Yang Esa- Guru Surgawi) 正一道 , Sektr Quan Zhen ( Kesempurnaan Lengkap) 全真道 , Sekte Tai Yi 太一道 dan Sekte Zheng Da Dao 真大道 .
Sekte Taoisme Zheng Yi ( Kaum ortodox Yang Esa) 正一道 : Pendiri Sekte Zheng Yi adalah Zhang DaoLing dari dinasti Han. Setelah generasi ke empat, Zhang Sheng 张盛, memindahkan basisnya ke Gunung Long Hu 龙虎山di provinsi Jiang Xi 江西. Pada masa dinasti Yuan awal, generasi yang ke-36 Zhang Zong Yan 张宗演atas titah Kaisar Yuan Shizu元世祖untuk memimpin Taoisme untuk wilayah Jiang Nan 江南; kemudian generasi yang ke-38 Zhang YuCai 张与材diangkat oleh Kaisar sebagai pimpinan sekte Zheng Yi yang memimpin semua tiga sekte Fulu. Sejak itu sekte Tianshi ( sekte Guru Langit )mulai menggunakan nama Zheng Yi sebagai ganti sekte Tianshi " Sekte Guru Langit".

Sekte Quan Zhen ( Kesempurnaan Lengkap) 全真道 : Pendiri Sekte Quan Zhen adalah Wang Ji, 王吉 terkenal dikenal sebagai Wang Chong Yang 王重阳, seorang pendeta Taoist dari dinasti Jin. Menurut cerita, Wang menjadi murid dari yang abadi terkenal yakni Lu Dong Bin 吕洞宾 dan dari Lu lah diketahui bahwa Wang telah mempelajari keabadian. Pada tahun Dading ke 7 大定 七年 masa pemerintahan kaisar Jin ShiZong 金世宗 ( 1167 C.E ),Wang mulai menyebarkan ajaran di Provinsi Shan Dong 山东 di mana ia mendirikan sekte Taoisme, yaitu sekte Quan Zhen 全真道 , yang kemudian menjadi salah satu sekte Taoism yang paling utama dan yang paling besar. Sekte Quan Zhen berpandangan tiga agama utama di Negeri Tiongkok, Taoisme, Buddhisme, dan Ruisme pada hakekatnya yang sama, dan harus diperlakukan dengan penghormatan yang sama. Kesemuannya mendukung masyarakat untuk mempraktekkan jalan Tao, terutama melalui pengembangan diri internal. Selanjutnya hal ini mendukung Taoists untuk tinggal di kuil, meninggalkan dunia dan menjadi para pendeta. Wang Chong Yang telah menetapkan 15 ketentuan dasar untuk Taoist Quan Zhen, yang membedakan dirinya dengan sekte lain. Tradisi pendeta Quan Zhen adalah para alim ulama dan perlu berpantang terhadap alkohol atau mengkonsumsi daging. Wang Chong Yang meninggal pada tahun 1170, setelah itu sekte diatur oleh ketujuh muridnya yang dikenal sebagai Tujuh Taoist Arah Utara. Masing-Masing murid kemudian mendrikan sekte mereka sendiri di bawah aliran Quan Zhen, yang paling berpengaruh di antara mereka adalah sekte Long Men 龙门派 didirikan oleh Qiu Chang Chun邱长春.

Sekte Tai Yi 太一道 : Sekte ini didirikan di sekitar tahun 1138 oleh Taoist Xiao Bao Zhen萧抱珍 . Menceritakan bahwa Xiao mulai membantu orang lain secepat mungkin ketika ia berhasil mencapai Dao. Xiao diberi penghormatan dengan suatu sebutan khusus oleh Kaisar dinasti Jin. Di dinasti Yuan Sekte Tai Yi mulai berkembang pesat, dan setelah tujuh generasi perkembangan sekte tersebut mulai menurun.

Sekte Zhen Da Dao 真大道 : Pendirinya, Taoist Liu De Ren 刘德仁 mendirikan sekte tersebut antara tahun 1141 sampai 1148. Ia menetapkan delapan prinsip dasar untuk sekte yang menginstruksikan pengikut nya untuk hidup dengan gaya hidup sederhana, untuk bekerja dan berkecukupan. Sekte ini memerlukan pengikut yang ramah tamah, dan tidak membunuh, tidak beraktivitas seksual yang tidak pantas, tidak mengkonsumsi daging atau alkohol. Unik di dalam cara yakni sekte ini tidak mempromosikan gagasan untuk umur panjang dan keabadian, tidak sama dengan sekte lain. Pimpinan kelima sekte tersebut dianugerahi gelar oleh kaisar Yuan Xian Zong 元 宪宗dengan gelar" Tai Xuan Zhen Ren" 太玄真人. Zhen Da Dao Jiao berkembang di Negeri Tiongkok bagian selatan dan hingga memasuki generasi ke 10, sekte tersebut perlahan-lahan mengalami kemorosotan.

Dalam koleksi Bai Yun Guan ( Awan Putih Kuil di Beijing 北京白云观 ), terdapat arsip yang menunjukkan informasi bahwa sekitar 86 Taoist dari aliran atau sekte yang berbeda yang sahih 诸真宗派. Sekte atau aliran ini merupakan bagian dari Sekte Zheng Yi 正 一, atau bagian dari Sekte Quan Zhen 全真 . Sekte Quan Zhen全真 merupakan sekte yang lebih besar di antara keduanya. Banyak aliran yang terkemuka merupakan bagian dari Sekte Quan Zhen 全真派 , seperti, Wu Zhu Pai 五祖派 , Sekte Beiqizhen 北七真派 dan Sekte Nanwuzu Ziyang 南五祖紫阳派.. " Wu Zhu" 五祖 berarti lima sesepuh pertama dari sekte, dan masing-masing dari lima pimpinan juga telah mendirikan sub sekte mereka sendiri. Lima pimpinan adalah Wang Xuan Fu 王玄辅 atau yang dikenal sebagai Donghua Dijun 东华帝君 , Zhong Li Quan 钟离权, Lu Chun Yang 吕纯阳, Wang Chong Yang 王重阳 dan Liu Hai Chan 刘海蟾 . Sekte Tujuh Manusia Sejati Utara merupakan hasil bentukan dari tujuh guru Taoist yang hidup di Negeri Tiongkok bagian utara selama masa dinasti Song dan bagian dari dinasti Yuan; mereka adalah para murid dari guru Taoist yang sama, Guru Wang Chong Yang. Masing-Masing dari tujuh guru mendirikan suatu sekte baru. Sekolah Taoisme Sesepuh Selatan pertama kali dipimpin oleh lima pimpinan mereka sendiri, mereka hidup di sekitar masa dinasti Song dan aktivitas mereka kebanyakan di Negeri Tiongkok bagian. Nama dari yang lima pimpinan pertama sekte Selatan adalah Zhang Bo Duan 张紫阳, Shi Xing Lin 石杏林, Xue Dao Guang 薛道光, Chen Ni Wan 陈泥丸 dan Bai Yu Chan白玉蟾.

Pada zaman kuno ada tiga sekte yang menggunakan ritual pewarisan dan registrasi LU dan JING ( kitab ) 传授经录科义. Sekte ini dikenal karena nama gunung sebagai pusat induk mereka, Long Hu Shan ( gunung) 龙虎山 , Ge Zao Shan (Gunung) 阁皂山 dan Mao Shan (Gunung) 茅山 . Semua tiga sekte adalah di bawah aliran Zheng Yi 正一派 . Sekte Zheng Yi 正一派 mempunyai banyak aliran berbeda, yang terkenal meliputi aliran Mao Shan 茅山派, aliran Jing Ming 净明派, aliran Qing Wei 清微派 , aliran Wu Dang 武当派 dan lain lain.




Sumber: Tulisan Ery camel di ATRAKSE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar